Ciri-Ciri Anda Terkena Serangan Stroke Ringan

Ciri-Ciri Terkena Serangan Stroke Ringan

Ciri-Ciri Terkena Serangan Stroke Ringan

Ciri-Ciri Terkena Serangan Stroke Ringan ~ Di jaman yang serba moderen ini menyebabkan manusia harus bisa beradapatasi dengan cepat termasuk juga dalam menjalankan aktifitas yang menuntut tubuh bekerja lebih keras. Sehingga terkadang sering mengenyampingkan faktor kesehatan. Sering sekali kita mengalami berbagai gejala yang menandakan ada masalah pada tubuh, akan tetapi kita cenderung mengabaikan karena dianggap sebagai gejala kecil. Namun tahukah anda bahwa gejala sekecil apapun bisa jadi merupakan sebuah pertanda akan penyakit yang lebih besar. Seperti misalnya pada masalah penyakit stroke. Semua orang bahkan sudah tahu bahwa stroke merupakan penyebab utama kecacatan bahkan kematian. Akan tetapi kehadirannya sering kali tidak disadari karena gejala awalnya sering diremehkan.

Stroke merupakan gangguan neurologic atau yang berhubungan dengan sistem syaraf pusat yang ditandai dengan kematian pada jaringan otak. Transient Ischemic Attack (TIA), atau yang biasa disebut dengan stroke ringan merupakan gejala awal dari stroke yang sebenarnya. Stroke ringan hanya terjadi dalam waktu yang relatif singkat biasanya antara 5 sampai 30 menit. Penyebab utama dari stroke ringan ini sama dengan stroke pada umumnya yaitu penyumbatan pada pembuluh darah, hanya saja sumbatan ini hanya bersifat sementara. Dengan kata lain, gejala serangan stroke ringan akan berhenti seiring dengan menghilangnya sumbatan pada pembuluh darah tersebut. Meskipun hanya terjadi sesaat, bukan berarti stroke ringan tidak berbahaya jika tidak ditangani secara cepat. Ini merupakan pertanda awal akan stroke yang  lebih parah mengintai anda.
Banyak faktor yang menyebabkan seseorang bisa terserang penyakit stroke ringan, diantaranya adalah riwayat keturunan stroke dari keluarga, penderita hipertensi, penyakit jantung, kolestrol tinggi, diabetes, obesitas, serta kebiasaan merokok.
 
baca juga : Menyembuhkan Serangan Stroke Ringan
 
Ciri Dan Gejala Awal Serangan Stroke Ringan
Pada dasarnya  gejala serangan stroke awal sama dengan gejala stroke lainnya namun dampaknya memang tidak sebesar serangan stroke iskemik atau hemoragik.
Berikut adalah  beberapa ciri dan gejala serangan stroke ringan.
  • Kehilangan keseimbangan tubuh dan sulit mengkoordinir  gerakan tubuh
  • Merasakan kesemutan atau mati rasa biasanya hanya terjadi pada satu bagian sisi tubuh saja
  • Gangguan sulit bicara, kesulitan mengucapkan kata atau kalimat sehingga terlihat seperti orang yang pelu
  • Gangguan pada penglihatan, bisa berupa pandangan kabur atau  ganda bahkan kehilangan salah satu fungsi mata.
  • sakit kepala yang lebih hebat dari yang pernah anda rasakan sebelumnya
  • Tangan dan kaki terasa lemas

Deteksi Gejala Awal stroke Dengan Metode FAST

Ciri-Ciri Terkena Serangan Stroke Ringan

Ciri-Ciri Terkena Serangan Stroke Ringan

Ciri-Ciri Terkena Serangan Stroke Ringan. Dalam penanganan kasus stroke, waktu merupakan hal yang sangat berpengaruh karena semakin cepat gejala stroke ringan ditangani maka semakin sedikit pula kemungkinan kematian jaringan otak yang lebih parah. Oleh karena itulah dalam penyakit stroke sering dikenal istilah “waktu adalah otak”.

Belakangan ini muncul sebuah metode yang digunakan untuk mendeteksi sejala stroke ringan secara dini. Anda bisa melakukannya sendiri dirumah untuk mengetahui anda beresiko terkena stroke atau tidak. Metode tersebut sering di singkat dengan kata FAST yang merupakan singkatan dari Face, Arms, Speech, dan Time. Untuk lebih jelasnya kita akan membahasnya satu persatu.

  1. Face ( wajah). Metode pertama, anda bisa menghadap ke cermin dan perhatikan wajah anda. Cobalah tersenyum dan perhatikan apakah ada bagian sisi wajah yang tidak simetris dengan sisi wajah yang lain. Jika benar, bisa saja ini merupakan gejala stroke ringan.
  2. Arms (lengan). Masih di depan cermin, Anda bisa mengangkat kedua lengan anda lurus ke depan dan tahan beberapa saat. Ketika ada salah satu tangan yang turun tanpa disengaja dan terasa lemas, ini juga termasuk kedalam gejala stroke ringan.
  3. Speech (bicara). Ketika anda mengalami kesulitan berbicara secara tiba-tiba seperti  orang pelu dan terjadi secara berulang. Anda sebaiknya mulai berhati-hati terhadap stroke
  4. Time (waktu). Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa dalam stroke dikenal istilah “waktu adalah otak”. Waktu merupakan kunci penanganan stroke. Jika terlambat ditangani maka resiko besar kecacatan ada didepan mata.

Ciri-Ciri Terkena Serangan Stroke Ringan

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *